Sabtu, 14 April 2012

Akbar Tandjung Raih "Lifetime-Achievement" Charta Politika

Jakarta – Politisi senior Partai Golkar meraih penghargaan Charta Politika Awards untuk kategori pengabdian seumur hidup (“Lifetime Achievement”) atas kontribusinya bagi perkembangan politik di Indonesia.
“Saya kira, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat yang cukup tinggi, tidak hanya kepada saya, tetapi juga kepada Partai Golkar. Saya bersyukur kepada Tuhan bahwa apa yang saya lakukan untuk kepentingan pembelajaran politik mendapatkan satu apresiasi dari lembaga ini,” kata Akbar kepada wartawan usai menerima penghargaan Charta Politika di Jakarta, Selasa malam.
Menurut Charta Politika Indonesia, sebagai politisi Akbar Tandjung telah berhasil membangun tiga hal penting dalam politik yaitu karir, kaderisasi, dan jejaring politik.
Akbar yang memulai karir politiknya sejak menjadi aktivis di Himpunan Mahasiswa Islam, memasuki dunia politik secara nyata ketika menjadi anggota DPR tahun 1977-1988. Dengan usia yang relatif muda saat itu, Akbar Tandjung termasuk salah satu tokoh yang berpengaruh di Golongan Karya (Golkar). Pada usia 38 tahun ia menjadi Wakil Sekjen DPP Golkar, sebuah jabatan yang langka kala itu.
Direktur Riset Charta Politika mengatakan Charta Politika Indonesia merupakan lembaga riset politik pertama Indonesia yang memberikan penghargaan semacam ini, dengan tujuan untuk memberi apresiasi terhadap sejumlah tokoh yang berpengaruh di media.
Yunarto menilai sosok Akbar Tandjung layak mendapatkan penghargaan tersebut karena pengalaman dan kematangan politik Akbar yang tidak dibangun dalam semalam.
“Politisi yang sempurna adalah politisi yang sudah makan asam garam dalam membangun karir dan jejaring politiknya,” demikian menurut Charta Politika Indonesia.
Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Itu merupakan tokoh ketiga yang meraih penghargaan “lifetime achievement” dari Charta Politika. Sebelumnya mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan mantan wapres Jusuf Kalla telah dianugerahi penghargaan serupa pada dua periode sebelumnya.
Charta Politika Award ke-3 merupakan ajang apresiasi terhadap pemuka opini di media massa. Terdapat enam kategori penghargaan yang diberikan kepada sejumlah tokoh politik/masyarakat yang dianggap berpengaruh atas persepsi publik berdasarkan sebuah penelitian menyeluruh.
Penelitian itu dilakukkan di enam surat kabar nasional yaitu Kompas, Media Indonesia, Seputar Indonesia, Republika, Rakyat Merdeka, dan IndoPos dengan melakukan pemetaan tren isu, pemetaan jejaring sosial, dan pola dukungan media terhadap sebuah isu selama periode 20 Februari 2011 hingga 20 Februari 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management